Prototyping Game Dengan Unity

FPS MICROGAMEUNITYGAME DEV

Prototipe (Purwarupa)

Prototipe atau Purwarupa secara umum bisa dikatakan sebagai bentuk real working system dari suatu ide atau konsep artinya apa yang kamu buat itu bisa bekerja sebagaimana yang diinginkan, bisa dikatakan purwarupa adalah bentuk awal sebelum diproduksi secara massal.

🔥 Gamedev?

Sebenarnya sebagai game developer awal mula dalam membuat game tidaklah harus membuat game sekompleks RPG ataupun harus membuat game berkelas AAA 😁, cukup game-game sederhana dengan mekanika sederhana ataupun aset seadanya karena nantinya akan sangat banyak benefitnya, salah satunya adalah terbiasa dalam mengembangkan game dan sedikit banyak mengetahui alur dari pembuatan game.

🎮 Microgame Unity

Microgame merupakan template dari Unity yang bisa di-modding yang kemudian bisa dibuat menjadi game yang baru.

Mod (Mods/Modding)

Mod adalah kependekan dari modification atau perubahan dan dalam konteks pengembangan game, mod dari suatu video game adalah merubah aspek dari game misalnya dari segi look and feel , behaviour, penambahan fitur dll dan hasil perubahan tersebut bisa saja sangat berbeda dari game dasar yang dimodifikasi.

Microgame

Microgame merupakan template game yang sangat mudah untuk di modifikasi tetapi hal mendasar yang sebenarnya ditujukan kenapa ada Microgame adalah mengakrabkan diri dalam pengembangan game karena setau Saya membuat suatu game memang sangat susah sehingga langkah yang diambil oleh Unity ini adalah langkah yang tepat dan cocok bagi pemula yang akan menggeluti dunia pengembangan game.

Microgame dari Unity dipaket dalam aset ataupun template pada saat pembuatan game di awal memakai Unity Hub sehingga untuk memulai pemakaian microgame sangatlah mudah.

image-20210219154951298

Platformer

image-20210219152143565

Microgame ini adalah template game 2D klasik yang sepenuhnya bekerja sebagai sebuah game. Aset pada game template ini bisa dengan mudah dirubah, tetapi lebih dari itu keutamaannya adalah sebagai pengembang kita bisa mempelajari susunan sebuah game.

Meskipun sederhana setidaknya microgame platformer ini bisa menjadi langkah awal dalam mempelajari game klasik 2D.

https://learn.unity.com/project/2d-platformer-template

Karting

image-20210219154314459

Microgame karting adalah template untuk game 3D racing, seperti halnya microgame lainnya template ini sangatlah mudah untuk di modifikasi.

https://learn.unity.com/project/karting-template

FPS (First Person Shooter)

Sebagai catatan, semua Microgame dari Unity ini juga disertai dengan fitur tutorial untuk memakai dan merubah template, jadi sangat-sangat berguna kalau belum mengenal Unity.

image-20210219155852678

Template ini mengenalkan fitur-fitur dasar dalam pengembangan game FPS seperti weapons selection, Objectives, Map dll serta banyak link resources untuk memodifikasi template game yang satu ini jadi silahkan mempelajarinya

https://learn.unity.com/project/fps-template

Untuk demo game yang Saya buat memakai template microgame ini dan bisa dimainkan di browser, ada di link dibawah

https://m1kr0.sajen.id

LEGOⓇ

Template ini adalah template terbaru dari Unity pada 2020 yang bekerja sama dengan LEGO (ya LEGO brick yang itu)

image-20210304084354748

https://learn.unity.com/project/lego-template

Yang menarik dari template ini adalah adanya LEGO Behaviour Bricks yang memungkinkan terciptanya interaktifitas atau behaviour hanya dengan menggabungkan beberapa tipe brick yang berbeda.

image-20210304081615300

Untuk lebih jelasnya silahkan melihat buku manualnya.

Snaps

Unity snaps mungkin adalah satu-satunya solusi yang menurut Saya sangat memudahkan dalam membuat prototipe dari sebuah game.

Prosesnya kalau boleh Saya bilang seperti proses iterasi yaitu pada mulanya membuat prototipe dengan aset yang prototipe atau aset versi rendah atau biasa disebut dengan greyboxing dan kemudian pada saat production aset tersebut diganti dengan aset yang jauh lebih tinggi resolusinya.

Untuk proses alur kerja pengembangan game secara umum bisa anda lihat pada link berikut pipeline-game.

Aset Snaps

Aset snap dibuat memakai ProBuilder dan dirancang untuk bisa “snap” atau istilah-nya “pas” dipakai dengan memakai utilitas ProGrids.

Aset snaps di Unity dibagi tiga yaitu:

  • Snap Prototype
  • Snap Art
  • Snap Art HD

Untuk perbedaan masing-masing aset silahkan melihat https://unity.com/products/snaps

Sebagai contoh Saya memakai aset Snap Protoype Asian Residential dari package manager untuk membuat prototipe dari sebuah scene

image-20210304095738053

Kemudian dengan Asset Swap Tool dengan mudah kita dapa mengganti aset dari snap protoype tersebut dengan aset yang beresolusi lebih tinggi.

image-20210304100832016

Snap Art HD dari Asian Residential dapat dengan mudah menggantikan aset pada scene yang memakai snap prototype sebelumnya.

image-20210304100813576

Untuk lebih jelasnya proses penggantian aset snap bisa dilihat pada video berikut

Untuk memulai pengembangan game tidak sesulit yang kita bayangkan hanya saja menurut pengalaman Saya memang dibutuhkan banyak-banyak kesabaran dalam mengembangkan sebuah game.

🔥Tetap Semangat Dev! 🔥

Komentar